Cara Merawat Kelinci Bagi Pemula

Guru Kucing – Kelinci yaitu salah satunya tipe hewan peliharaan yang banyak digandrungi oleh beberapa jenis orang. Hal semacam itu pastinya karena sebab hewan yang satu ini lucu, relatif jinak, serta bisa pula dirawat dengan fleksibel dimana-mana. Salah satunya tempat yang bisa diperlukan buat pelihara kelinci yaitu dalam rumahmu sendiri. Dengan pelihara kelinci di rumah, pastinya kamu bisa menghembat ongkos perawatan serta beberapa tipe ongkos yang lain yang mesti kamu mengeluarkan kalau kamu tdk pelihara kelinci di rumah.

Namun, pelihara kelinci di rumah pun tdk dapat dijalankan dengan asal demikian saja. Ada beberapa soal yang butuh kamu kerjakan buat pastikan kalau kelinci yang kamu punya itu bisa kamu memelihara dalam rumah dengan baik, termasuk juga satu diantaranya yaitu sadari bagaimanakah cara pelihara kelinci dalam rumah dengan baik serta benar. Karena itu, kamu dapat pelihara kelincimu dalam rumah dengan pas.

Pada prinsipnya, metode pelihara kelinci dalam rumah itu tdk susah, kalau kamu sudah mengetahui langkahnya dengan benar. Sekalinya kamu baru pertama pelihara kelinci, namun dengan sadari bagaimanakah cara pelihara kelinci dalam rumah yang bakal kami berikan kepada kamu di bawah ini pastinya bisa membantumu dalam pelihara kelinci di rumahmu sendiri. Tidak hanya pelajari perihal dibawah berikut ini, kamu harus pelajari metode menyembuhkan kelinci yang sakit, pelajari waktu kehamilan kelinci termasuk juga sinyal tanda kelinci hamil, ciri ciri kelinci hamil muda, ciri ciri kelinci keguguran, serta beberapa metode menjaga kelinci yang lain yang dapat kamu mempelajari dari situs ini.

Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci
Kelinci lucu

Tetapi, sebelum kita bermaksud buat memeliharanya, kita mesti tahu dahulu bagaimanakah cara menjaga kelinci dengan baik serta benar. Langsung mari kita baca review dibawah ini.

1. Cermati Benar-benar Kandangnya

Soal pertama yang kamu perlukan buat pelihara kelinci merupakan kandang. Ada sejumlah prasyarat yang mesti kamu penuhi mau bikin kandang yang nyaman serta wajar buat kelinci kesayangan kamu. Yakinkan kalau kandangnya ada dekat dengan sumber air, ada di lingkungan yang sejuk dengan temperatur 15-20 derajat Celcius serta angka kelembaban 60-90%, dan jauh dari bermacam jenis masalah predator seperti ular, anjing dan seterusnya.

Diluar itu, kandang mesti memperoleh cahaya matahari yang cukuplah waktu pagi hari. Oleh lantaran itu, benar-benar direkomendasi kandang itu menghadap ke timur, dengan arah biar kelinci kamu dapat memperoleh cahaya matahari pagi yang cukuplah. Panas dari cahaya matahari punyai guna buat mengawasi kandang supaya terus kering, hingga dapat membunuh kuman penyakit yang ada pada kandang itu. Kandang mesti miliki ventilasi hawa yang cukuplah supaya aliran hawa di luar atau dari dalam kandang menjadi seimbang.

Diluar itu, mengupayakan agar tempat kandang tambah tinggi dari daerah seputarnya hingga kandang tdk tergenangi air waktu musim penghujan datang, lantaran lantai yang tergenangi air serta becek, dapat jadi sarang parasit. Satu soal lagi, yakinkan jarak kandang dengan rumah kamu seputar 10 mtr., biar berbau kotoran serta urine-nya tdk menganggu. Kalau kamu pelihara kelinci lantaran hobby (bukan peternakan), kandangnya dapat kamu letakkan di tempat kosong seputar rumah dengan prasyarat, sanitasinya tetap terbangun bersih, seputar kandang aman tertanggulangi, tenang, serta nyaman.

2. Kasih Kasih Sayang

Tidak cuma manusia saja yang memerlukan kasih sayang, binatang juga memerlukan soal itu. Kamu dapat mengerjakan hal itu secara memeluk serta menggendongnya disaat kita tengah libur. Jadi, kelinci kita bakal terasa puas serta nyaman bersama-sama kita. Tetapi, kita mesti tahu bagaimanakah cara menggendong dengan baik. Buat membawa kelinci yang ukurannya besar dari dalam kandang, peganglah punggungnya atau mungkin kulit tengkuk (sisi leher belakang) gunakan salah satunya tangan kamu.

Selanjutnya, tangan yang satunya lagi pakai buat membawa pinggulnya. Bila kelinci tetap kecil, peganglah pada bagian kulit bahunya dengan lembut serta berhati-hati, mengupayakan agar jangan pernah kelinci meronta. Jauhkan badan kamu dari cakar kaki belakangnya. Ingat, jangan sempat membawa kelinci secara memegang dua telinganya (langkah salah yang kerap kita melakukan). Lantaran, ia bakal terasa kesakitan kalau kita mengerjakan hal itu, serta yang lebih kronis lagi dapat mengakibatkan kelinci kamu menjadi cacat.

Supaya kelinci kamu tetap kelihatan cantik serta bersih, mandikanlah ia. Sebetulnya kelinci itu tdk tahan dengan dingin. Menjadi benar-benar direkomendasikan, mandikan ia gunakan air hangat 2x dalam sebulan. Siramkan dengan cara perlahan-lahan gunakan selang atau gayung. Sembari disiram, usap secra lembut tubuh kelinci, biar air dapat meresap sampai kulit badannya. Pakai shampo bayi buat menyabuninya. Pijat dengan perlahan-lahan tubuhnya, lantas cuci hingga sampai bersih. Sesudah itu, keringkan badan kelinci gunakan handuk yang lembut serta keringkan bulu tubuhnya yang basah dengan gunakan hair dryer.

Kalau kita tdk ada waktu kosong buat memandikannya, kamu dapat membawanya ke pet shop yang melayani pemandian kelinci. Satu soal lagi yang butuh kamu ingat, bulu kelinci yang bersih serta lembut tambah lebih percantik penampilannya. Oleh lantaran itu, benar-benar direkomendasi buat menyisir bulu mereka. Melakukan hal itu sejumlah 2-3 kali dalam 1 minggu biar bulunya tdk kumal serta lengket.

3. Cermati Kesehatan serta Keamanannya

Kelinci termasuk juga binatang malam, hingga mereka lebih aktif makan disaat pada malam hari, dubandingkan di siang hari. Oleh karena itu, berikanlah bagian makan yang tambah banyak waktu malam hari. Buat waktu pagi serta siang baiknya kamu kasih mereka konsentrat, biji-bijian seperti padi, gandum, jagung, kedelai, kacang tanah serta kacang hijau, dan umbi-umbian yang dilembutkan. Buat sore serta malam hari, kasih mereka pakan yang terbuat dari jerami serta daun-daun hijau fresh. Yakinkan jadwal makannya teratur, supaya kelinci kamu terbangun kesehatannya.

Cermati ikut perubahan kelinci kamu tiap-tiap hari. Jika kelinci terkena penyakit, scepat mungkin bawa pula ke dokter hewan. Sebenarnya menghindar penyakit bakal tambah lebih baik, ketimbang menyembuhkan. Imbuhkan ikut suplemen vitamin, biar lebih kebal pada penyakit.

Tipe bahaya apakah yang butuh kamu cermati?

Bahaya langsung buat kelinci disaat diluar rumah merupakan serangan dari pemangsa atau predator. Kandang yang ada di pekarangan rumah belum juga semestinya dapat jamin keamanan kelinci dari pemangsa. Semisalnya saja serangan dari anjing, rakun, kucing liar, coyote. Kadangkala ada juga burung hantu, possum, elang serta weasel (semacam musang).

Lantaran banyak pemangsa yang berburu disaat malam hari, menjadi benar-benar direkomendasi buat membawa kelinci masuk ke rumah disaat sore hari. Kandang yang kuat serta penutup dalam taman kebanyakan cukuplah menjauhkan serangan siang hari terutama kalau ada orang disekitarnya.

4. Pahami Pembawaan Alaminya (Insting)

Kalau kita biarkan kerap berkeliaran di taman, ia bakal menujukkan insting liarnya (insting) selanjutnya ia bakal menggali lubang. Kalau hal itu kamu biarlah, lama kelamaan lubang itu bisa menjadi bertambah ruwet buat kita mengeluarkannya dari sana. Masalah ini dapat jadi soal kalau kelinci kamu tidak diduga ketakutan, sakit, luka, hamil atau apa pun yang memerlukan pertolongan kamu dengan lekas. Diluar itu, Karenanya, benar-benar direkomendasi buat memposisikan jerami di kandang, dengan arah buat penuhi insting alaminya.

Kamu juga dapat mengimbuhkan dibawah kandang untuk menghalanginya buat menggali. Sehabis dapat meminimalkan hal itu, kamu mesti memberikannya perlindungan dari cuaca yang ekstrim (panas atau dingin sekali). Kecuali cara-cara diatas, ada banyak hal ikut yang mesti kamu cermati disaat ingin atau tengah pelihara kelinci. Terutama buat kamu yang pemula. Jangan sampai beli kelinci anakan yang tetap berusia dibawah 2 bulan. Lantaran dapat menyebabkankan kelinci jadi gampang mati lantaran kekuatan tubuhnya yang tetap rawan.

Kerap kita temui kelinci yang dipasarkan di petshop atau tepi jalan kerap di sebut kalau kelinci itu telah berusia 1 bulan serta ada pula yang menyebutkan 2 bulan. Kita tidak mengerti juga bakal hal itu, lantaran kita tdk terima kalender kelahirannya. Kadangkala beberapa pedagang kerap berbohong dengan mengemukakan kalau kelinci yang dipasarkan telah berusia 1 bulan, tetapi kok tetap kecil-kecil! Bila yang berusia 2 bulan saja tdk bisa dibeli, ditambah lagi yang tetap 1 bulan atau kurang, ya jadi jelas lebih krusial.

Diluar itu, jangan sampai kamu ajak mereka dalam perjalanan jauh yang lebih dari 100 km kalau umurnya tetap dibawah 3 bulan. Jangan sampai yakin dengan mitos, lebih baik kalian percaya tentang fakta dome of the rock daripada kalian percaya mitos tentang kelinci yang tidak boleh minum air. Semua makhluk hidup itu perlu air minum, lebih buat kelinci anakan yang baru-baru ini dipisahkan dari induknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s